10 Stand Up Comedian Indonesia Terbaik



Ini adalah list sepuluh comic(stand up comedy) yang ane suka, ya dari sekian banyak comic yang sudah menjamur di Indonesia, ane milih sepuluh aja yang paling top deh. Ini dia listnya:

Sedikit revisi:
Gue membuat post ini sejak 2012, dan ketika gue iseng-iseng mengecek post ini di tahun 2016 ini(iya 2016), gue baru nyadar bahwa tulisan ini meraih atensi pengunjung terbanyak sejauh ini dari semua tulisan gue yang ada(sedih ya, tulisan jelek gini malah banyak yang baca, hehe). Jadi semua comic yang gue ulas disini memang comic-comic yang 2012 lalu sedang dalam puncak popularitasnya. Dan seperti kalian tahu, banyak diantara daftar comic dibawah ini yang sudah jarang aktif naik panggung. Seperti Ryan atau Rindra. Makanya, gue pengen bilang kalau post ini sudah tidak relevan dengan sekarang dimana begitu banyak comic baru yang menonjol. Apalagi sekarang SUCI season 6 sudah bergulir,  jadi yasudah, nikmati tulisan ini yah kawan! Hehe.

1.      Raditya Dika (@radityadika)

Sudah tidak diragukan lagi, doi adalah comic yang paling terkenal di Indonesia , setidaknya sampai saat ini. Profesi utamanya sebagai penulis novel komedi sekaligus pembicara di berbagai talkshow, ditambah sempat jadi bintang film di Kambingjantan(film adaptasi novel pertamanya) sangat mendukungnya menjadi seorang comic yang ekspresif sekaligus lucu. Apalagi dia sekarang jadi juri di Stand Up Comedy competition di Kompas TV sampai sekarang. Walau, joke yang dia keluarkan kebanyakan diambil dari buku-bukunya sendiri. No problem lah.

2.      Mongol (@Mongol_Stress)

Comic yang satu ini aslinya seorang pendeta (ya, seorang pendeta), dan karena itulah keunikannya dia, suka bicara tentang agama. Tak apalah, secara jokes dia tuh bener-bener lucu dan gak sampe nyerempet SARA gitu (walopun tuh orang item-item gak jelas, toh sampe sekarang dia gak pernah dibakar massa tuh). Dan satu lagi, dia suka cowok kayaknya. Toh, dari dulu dia sering banget ngomongin tentang homo, banci, gay, dsb. Semboyannya yang terkenal : Jomblo bukan homo.

3.      Kemal Pahlevi  (@kemalpalevi)

Ini die nih. Jebolan Stand Up Comedy Indonesia Season 2 (disingkat SUCI aja ya). Dari tampangnya aja sudah menyiratkan doi anaknya konyol banget. Dan terbukti, doi emang anak yang gokil. Tampang ‘Arab’ yang dia punya menjadi andalannya dalam nge-joke, walau sebetulnya dia lebih mirip anak bule kebanyakan ngisep ganja. Ciri khas lainnya, dia sering lari-lari gak jelas diatas panggung, dan lawakannya sangat-sangat absurd, kalo tak bisa dibilang ‘nyeleneh’, tapi itulah yang membuat dia jadi comic favorit ane, dan dia punya basis penggermar yang dinamakan 'Kemalicious'.




4.    Ryan Adriandhy (@Adriandhy)

Well, ane baru satu dua kali sih ngeliat perform-nya dia, satu di SUCI 2 (sebagai host) dan satu lagi di acara dia di Kompas TV ‘Ala Ryan’, sebuah acara berbau stand up juga, dan kebetulan bintang tamunya si @poconggg. Dia adalah pemenang dari acara SUCI 1, yang membuktikan kualitasnya sebagai comic muda penuh gairah(ane gak ngomong birahi yah), dan satu lagi. Dia ganteng. Satu lagi deng, dia jago bahasa Inggris.





5.      Ge Pamungkas (@GePamungkas)

Yo'i,  pemenang SUCI 2 ini menjadi perbincangan hangat para pencinta Stand Up Indonesia. Gayanya yang arogan, penuh gairah ekspresi, sorot mata yang tajam, tak kadang  menghina kontestan yang lain, malah membuat comic ini menjadi special dibanding yang lain. Pernah suatu waktu dia bilang, ‘Acara  ini ibarat roti isi coklat. Gue sebagai isi coklatnya, sementara kontestan lain hanya menjadi butiran wijennya.’ Arogan banget kan? Pernah juga dia ngehina si Kemal(nomer 3), dengan gayanya yang sinis. Tapi dibalik itu semua, dia termasuk comic yang memberikan banyak terobosan baru di bidang Stand Up Comedy Indonesia.

6.      Sammy (@notaslimboy)

Dia ini adalah salah satu comic yang memanfaatkan ‘keunggulan’ fisiknya untuk jadi bahan jokes. Yap, dengan gendut semua bisa tertawa. Selain itu, dia juga agak-agak porno dalam beberapa jokes-nya. Pernah dia bilang,

 ‘Cewek lo perawan? MANA BUKTINYA? Dalam dunia modern ini, NO PICTURE, HOAX!!’

Beeh, sadis kan?



7.       Boris Manullang (@borisbokir)

Yup, si batak gila ini adalah comic ulung yang memanfaatkan kesukuannya sebagai seorang batak. Dan, dengan logat batak yang sempurna, dia mampu mengubah stigma ‘orang batak itu galak-galak’ menjadi ‘orang batak itu koplak-gilak’. Terlepas dari namanya yang aneh(gue kira nama anjing), dia adalah comic banyak memiliki ide-ide fresh dan segar.





8.        Rindra (@ponakannyaom)

Ini die, comic paling brutal yang pernah ane liat. Main hantam kiri-kanan, termasuk SARA, dll. Salah satu jokes paling ngaco yang pernah ane denger, 

‘Tuhan nyiptain Hawa bukan karena apa-apa, Dia nggak suka aja ngeliat Adam c*li.' 


Ngaco abis kan? 




9.        Ernest Prakasa (@ernestprakasa)

Si Cina sedeng ini menjadi salah satu finalis terbaik di SUCI 1. Bersama Ryan, Ernest merupakan lulusan SUCI 1 yang masih eksis hingga kini. Salah satu joke yang paling ane ingat hingga sekarang adalah, ‘Gue sering diejek sipit, lalu mereka bilang, makanya kalo SARI RAPET tuh jangan dipake di mata!! Jadi sipit kan??!!’ By the way, kalo yang gatau sari rapet itu apa, itu buat (maaf) perapat Miss V pada wanita. Sedeng abis.

1       Arry Wibowo

Hahaha..lawyer ngehe ini adalah salahsatu comic paling mencuri perhatian di SUCI 2. Bayangkan, profesi seprofesional lawyer bisa dipake buat bahan stand up. Lucu pula. Emang sih, lawakan kalo dibawa dengan serius biasanya jauh lebih konyol daripada dengan ketawa-ketiwi. 








Yup,. segitu aja kali postingan malam ini, lain kali mungkin gue bakalan jarang nge-post, karena gue ber-konsentrasi untuk ngutak-atik tampilan blog ini, mulai dari header-nya, sampe kode HTML-nya. So, can't wait for the new impression fot this blog. Good bye!!











6 comments:

  1. dodit mulyanto paling gokil, followernya paling banyak diantara komika yg lain.. kalo stand up lucu ga ngotot wajah flat, baru liat wajahnya penonton pada ketawa, apalagi ekspresi lagi nunjuk penonton.. gokil abisss, gimik kayak gitu cuma dodit yg punya dan ciri khas yg kuat saat tampil, selalu ditunggu kalo dodit tampil, penonton jg ketawa ga habis2 kalo dodit perform... yg lain lewattt!!!!

    ReplyDelete
  2. dodit mulyanto paling gokil, followernya paling banyak diantara komika yg lain.. kalo stand up lucu ga ngotot wajah flat, baru liat wajahnya penonton pada ketawa, apalagi ekspresi lagi nunjuk penonton.. gokil abisss, gimik kayak gitu cuma dodit yg punya dan ciri khas yg kuat saat tampil, selalu ditunggu kalo dodit tampil, penonton jg ketawa ga habis2 kalo dodit perform... yg lain lewattt!!!!

    ReplyDelete