Review Buku: Keluarga Cemarya by Arya Novrianus (2014)




Buku perdana dari seorang stand-up comedian bernama Arya Novrianus ini mengisahkan tentang keluarganya yang aneh bin ajaib dengan segala tingkah laku mereka yang konyol. Gaya Arya yang nyeleneh saat diatas panggung stand up comedy cukup berpengaruh pada gaya penulisannya disini. 

Namun, bagi yang suka baca @KomikAnus, komik via twitter bikinan Arya, siap-siap saja akan merasa kecewa dengan buku ini karena buku ini jauh lebih kalem dan ‘sopan’. Selain itu, mungkin karena ini buku perdana, gaya penulisannya Arya terkesan kurang lepas. Berbeda jauh dengan karyanya di akun @KomikAnus yang sangat frontal dan kelewat batas malahan. 

Di buku ini, kita tidak akan menemukan lagi kata-kata ‘religius’ seperti titit, toket, meki, dan lain-lain. 

Di satu sisi, semua penggemar @KomikAnus seperti saya hampir pasti akan kecewa dengan buku ini. Sementara disisi lain, yang belum pernah menonton Arya Novrianus stand up comedy di MetroTV atau membaca komiknya pasti akan penasaran dengan pribadi Arya yang sesungguhnya dengan mengatakan, ‘Wah, lucu juga ya si Arya, walau mukanya mesum gitu…’. Padahal mah emang beneran mesuuum tuh orang. Hehehe.

Judul: Keluarga Cemarya
Penulis: Arya Novrianus
Tebal: 183 halaman
Penerbit: Rekata




0 komentar:

Post a comment