10 Lagu Indie Indonesia Yang Wajib Dengar

Hup! Akhir-akhir ini saya lagi giat-giatnya mencari dan mendengarkan lagu-lagu buatan anak bangsa yang jarang terpublikasikan di belantika musik nusantara. Padahal, seperti kita ketahui, beberapa diantara mereka( atau sebut saja band independen atau indie) telah menembus pasar internasional. Seperti contohnya Goodnight Electric, Gugun Blues Shelter, dll. Mereka juga telah mencetak prestasi yang membanggakan bagi Indonesia. Tapi mungkin band indie disini bukanlah terbatas pada band yang tak bernaung di sebuah label tertentu, tapi juga band-band yang gak pernah sekalipun tampil di Dahsyat, atau acara musik pagi yang suka gak jelas itu. Intinya, band yang kurang dikenal saja. Berikut adalah list 10 lagu indie Indonesia yang wajib anda dengarkan, versi saya sendiri. Check it out!

PS: Postingan ini dibuat semenjak 2013 lalu, sehingga memang sudah ketinggalan zaman. Karena semakin banyaknya musisi-musisi yang baru muncul setahun terakhir, maka untuk playlist yang lebih update silakan buka postingan saya yang lebih baru hehe selamat membaca!

1. Endah N Rhesa – Silence Island


Sebenarnya nih duo sudah mulai terkenal sejak tahun 2009, ketika merilis album debutnya, Nowhere to go. Terkenal dengan musiknya yang simple, dan gaya bernyanyi Endah yang seperti orang lagi story-telling. Dan tahun ini mereka merilis album ketiganya berjudul Escape, dan menurut saya, lagu Silence Island adalah puncak dari transformasi Endah N Rhesa menuju kedewasaan bermusik, terlihat dari nuansa album-abumnya yang selalu berbeda, unik, dan menawarkan hal-hal baru.

2. Bottlesmoker – Boredom and freedom





Bisa dibilang Bottlesmoker adalah Daft Punk-nya Indonesia. Hanya saja, saya lebih suka Bottlesmoker karena mereka selalu memasukkan unsur-unsur suara yang unik, seperti suara mainan anak-anak, dll. Mereka  bahkan sudah go internasional, dan lagu ini adalah salah satu yang terbaik dari mereka.

3. Ras Muhamad –  Musik Reggae Ini


Kalo Amerika punya Bob Marley, maka Indonesia punya Ras Muhamad. Yap, Ras muhamad memang mengaku kalau dirinya adalah reggae ambassador dari Indonesia. Berbeda dari rata-rata band reggae (atau ska) di Indonesia seperti The Paps, Tony Q, dll, yang biasanya lemes banget nyanyinya, doi ini punya energy yang kuat, dan bisa menggabungkan music reggae dengan music rap, setidaknya menurut pandangan saya. Lagu ‘Musik Reggae Ini’ telah membuktikannya.

4. C. U. T. S –Beringas


Band eksentrik yang digawangi dua cewek nakal dan beringas( sesuai lagunya itu), yaitu Itta dan Ykha,  memang banyak menarik perhatian banyak kalangan semenjak kemunculannya lewat lagu ‘Beringas’ di kompilasi album LA Lights Indiefest 2008 ini. Lagu yang sangat energik, dan sangat berbeda dari pada umumnya.

5. Payung Teduh –Angin Pujaan Hujan


Lagu ini sangat cocok didengarkan saat hujan turun.  Lagu yang unik banget, dan walaupun band ini baru muncul di belantika music nusantara, tak ada salahnya kalau kita mencoba mendengarkannya dan tak akan terasa kita akan bersenandung lagu ini setiap hujan tiba.

6. Sore – No Fruits For Today


Tahu game Grand Turismo? Kalo kalian perhatiin, backsound dari game ini adalah lagu No Fruits For Today, yang nyata-nyata composernya adalah Sore, band asal Jakarta. Sebuah band yang unik, dengan semua personilnya kidal(padahal mereka aslinya gak kidal loh). Lagu bergenre pop-jazz yang sangat patut dimasukkan dalam daftar playlist anda. Apalagi dalam salah satu polling di Kaskus, lagu ini termasuk salah satu lagu terbaik Indonesia sepanjang sejarah. Wah!

7 .Monkey 2 Millionaire – Our strange is the song in our conversation



Kalau kalian familiar dengan band ini, pastilah karena band ini juga masuk kedalam album kompilasi LA Lights Indiefest 2008. Tapi yang masuk dalam album ini adalah lagu ‘Rules And Policy’.  Sementara yang saya anggap terbaik tentu saja ‘Our Strange Is the Song In Our Conversation’. Lagu yang mirip percakapan antara sang vokalis dan cewek yang jadi duet nyanyinya, yang dibawakan dengan sangat apik.

8. Efek RUmah Kaca – Mosi Tidak Percaya

Mungkin ERK adalah band indie yang paling sering kalian dengar atau tonton malah. Banyak sekali lagu special yang dihasilkan trio pop ini, seperti ‘Cinta Melulu’, Di Udara’, dll. Tapi lagu ‘Mosi Tidak Percaya’ adalah lagu yang paling berkesan menurut saya. Lagu ini sangat cocok dibawakan saat unjuk rasa anti pemerintah. Ini beneran lho.

9.White Shoes – Windu Defrina


Lagu yang membawa anda ke nuansa retro 1960-an sampai 1970-an. Sangat cocok didengar bagi yang sedang dimabuk asmara, such a classic song!

10. Abdul & The Coffee Theory - Beauty Is You

Lagu jazz yang simple tapi megah, riang tapi berisi, pokoknya segalanya deh!


Yap, sekian dulu postingan ini. Sebenarnya, masih ada belasan lagu indie yang menurut saya tak kalah bagus dari lagu-lagu diatas, tunggu saja di postingan part II ya!




5 comments:

  1. kok gak ada LING-LING ALFARI ?, lagu indie nya berhasil mecahin rekor dapet komen terbanyak (ribuan komentar) dari muzizi2 sluruh dunia di situs reverbnation, solo singer unik krn dlm albumnya dia ngebawain macem2 aliran musik juga, cobain tonton video klip yg judulnya RANTAIAN LETIH di youtube atau ke https://www.reverbnation.com/LingLingAlfari

    ReplyDelete
  2. simak ini juga gan.. Dani Mkd in GOODWILL https://www.reverbnation.com/goodwillband pernah masuk ranking 3 besar dunia dan disalutin sama musisi2 manca negara krn bisa bawain macem2 aliran musik dlm satu album dari mulai pop, alternative, rock, metal, swing jazz, blues, hiphop rap, country, electro music, funk, classical, dll… and lagunya pernah diputer di cafe kansas city amrik seharian penuh, kata mereka sebagai bentuk apresiasi trehadap karya yg awesome & amazing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih banyak gan ntar saya denger lagi hehe btw ini post dibuat taun 2013 jadi bisa dibilang banyak ketinggalan jaman.

      Delete
  3. harusnya Senandung Maaf nya White Shoes and The Couples Company juga masuk sama Danilla - Ada Disana hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lebih suka windu defrina hehe soal Danilla sudah saya bahas di http://bamirawan.blogspot.co.id/2016/02/review-album-telisik-by-danila2014.html cheers :d

      Delete