Review Album: AM(2013) by Arctic Monkeys



Finally! 2 tahun penantian itu akhirnya berakhir. 9 September silam, Arctic Monkeys resmi meluncurkan album kelimanya yang bertajuk ‘AM’, yang diambil dari singkatan nama mereka. Beberapa bulan silam, Alex Turner sang frontman pernah bilang bahwa album ini akan bernuansa sama dengan lagu R U Mine yang dirilis lebih dahulu di tahun 2012.  Dan hasilnya? Menakjubkan!

I can’t stop listening to this. I think this is their best album so far. Much more than Whatever People Say I Am, That’’s Why I’m not. 

Hampir semua track di album ini memiliki karakteristik sama, betotan bass yang menonjol, distorsi gitar yang minim(berbeda jauh dari 2 album pertama, hampir sama seperti album keempat), lirik  yang menyentuh, backsound falsetto dari Matt Helders yang merdu dan nyetel banget sama lagu, dan yang terakhir karakter vocal Alex yang semakin dewasa.

“Do you ever thought of calling, when you’ve had a few, bcause I always do..Maybe I’m too busy to fall for somebody new…”

Itu adalah penggalan lirik dari ‘Do I Wanna Know?’ yang didapuk menjadi single pertama dan track pembuka. Track dengan reff yang nyantol banget, mudah diingat. Dilanjut dengan R U Mine?, track yang mengulang sisa-sisa kejayaan album pertama dengan gebukan drum khas Matt Helders yang mantap.

Dan jika saya menilai secara objektif, memang ada beberapa track di album ini yang kurang bagus, seperti I Want It All . Tapi sisanya bagus, terutama ‘Snap Out Of It’ dan ‘I Wanna be Yours’, which are very underrated. Lalu, coba tanya apa track favorit saya di album ini. Dan jawabannya adalah ‘Why’d you only call me when you’re high?’. Dengan nuansa black music dan bass line yang keren, lagu ini pantas dijadikan sebagai track terbaik di album AM.
Ini dia list track AM:

1.       Do I Wanna Know?
2.       R U Mine?
3.       One for the road
4.       Arabella
5.       I Want it all
6.       No 1 Party Anthem
7.       Mad Sounds
8.       Fireside
12.   Knee Socks

(PS: Silahkan klik link pada lagu-lagu diatas untuk mendengarkannya lewat Soundcloud.)

Sebagai tambahan, album ini banyak dinominasikan sebagai album terbaik sepanjang tahun 2013, salah satunya oleh NME.

Enjoy!



0 komentar:

Post a comment