Lomba Menulis Part 1

Beberapa minggu yang lalu, gue mengikuti lomba menulis yang diadain Kantor Perpustakaan kota Bandung tahun 2012. Dan, tema yang diusung pada lomba tersebut adalah 'Penggunaan Perpustakaan sebagai Sarana Membudayakan Gemar Membaca Siswa'. Gue sebenernya males banget disuruh nulis yang bukan passion gue yang sebenarnya. Tapi, karena beberapa hal tertentu, membuat gue akhirnya ikutan lomba itu. Dan, beberapa hal itu adalah:

PENGEN.. 
1.Dapet Piala
2.Dapet Uang
3.Dapet Pengalaman
4.Dapet Nasi Kotak

Beruntungnya, gue berhasil dapetin tiga poin yang pertama. Sialnya, gue gak dapet nasi kotak, gue dapetnya malah risoles basi yang sama sekali gak enak. Padahal gue belum makan apa-apa sejak paginya. Huhuhuhu....

Jadi, ceritanya, gue disuruh ikutan lomba tersebut sama guru Bahasa Indonesia gue. Gue mengiyakan, berdasarkan pertimbangan bahwa gue adalah peserta satu-satunya di sekolah gue. Jadi, gue ikutan dah, dan gue mulai membuat karya tulis itu di rumah malamnya.

Karena gue lagi disibukkan sama tugas-tugas sekolah, maka gue ngerjain karya tulis itu dengan ogah-ogahan. Dan, karena pengen cepet selesai, maka gue ngerjainnya dengan gaya penulisan yang hampir sama dengan apa yang gue tulis biasanya di blog ini. Dan, bisa kalian bayangkan, apa jadinya jika karya ilmiah yang seharusnya ditulis dengan formal, tapi jadinya malah mirip seperti buku Kambing Jantan :

FYI, perpustakaan tuch tempat ngeliat buku sambil cucusan cyiin!! Apalagi, ada internetnya dahh.. Poko’e, kamyu ceumungudh eAaa QaqAh!!!”

Dan, hari yang paling ditunggu pun tiba juga. Dan, kasip, gue telat hampir setengah jam lamanya, sampe guru gue bolak-balik nelpon gue padahal gue lagi les. Dan, gue jadi peserta yang paling telat datengnya. Gapapah yang penting save the best for the last.

Dan, yang paling penting, ternyata peserta gak hanya disuruh nulis doang, tapi juga harus presentasiin di depan juri. Apalagi waktu itu lokasi lombanya di Islamic Book Fair yang bertempat di Landmark Braga, yang tentu saja lokasi yang terbuka dan bakal dikunjungi banyak orang . Wuow, it should be a terrible day.

Presentasi. Gue mencoba mencerna satu kata ini. Presentasi? Gue harus presentasi? Di depan banyak orang? Ini sih, sama aja kayak lagi talkshow di atas panggung. Lebih tepatnya, IT’S LIKE IN A HELL.

Gue paling anti yang namanya presentasi. Gue selalu gak pernah bisa menguasai panggung dimana gue lagi berbicara. Tapi apa boleh buat, nangis udah menjadi pipis (daripada nasi udah menjadi bubur, bosen!), jadi gue lakuin aja apa yang harus gue lakuin.

Dan, tiba saatnya gue naik ke atas panggung. Gue mencoba atur emosi dan pernafasan, dua hal yang paling penting dalam persiapan berbicara di depan banyak orang.
Namun, ternyata pertolongan Tuhan selalu turun tepat pada waktunya. Gue mendadak menjadi penguasa podium, dan enteng saja berbicara apa yang ada di otak gue. Walau, gue gak ada persiapan sama sekali, plus tanpa teks, jadi semua itu berasa berharga banget.

Dan, finally, tiba saatnya untuk pengumuman. Gue emang wakil satu-satunya di sekolah gue, dikeroyok oleh SMAN 10 dan SMA Pasundan, serta beberapa dari SMK se kota Bandung, karena itu gue bener-bener mempertaruhkan harkat dan martabat sekolah gue sebagai SMA paling favorit di kota Bandung ( asli, ini bukan promosi ).

Fortunately, gue menempati juara tiga lomba menulis itu. Gue bangga, bercampur sedih dan malu, karena sekolah gue ternyata gak lebih baik dari SMAN 10 yang memborong posisi pertama dan runner up. Bangga, karena juara ini adalah murni hasil gue sendiri, mulai dari pendaftaran hingga selesai, tanpa bantuan siapapun, bahkan guru gue sendiri. Sedih, karena sehabis pembagian hadiah, gue malah disuruh temen cewek gue dari SMAN 10 untuk ngefotoin anak-anak SMAN 10 yang memborong tiga gelar sekaligus. Well, ini sih yang paling miris.

Udah dulu ya, postingan gue kali ini. Maap ya, karena ending-nya kurang bombastis seperti apa yang biasanya gue lakuin. Dan juga gak ada foto-fotonya. Insyaallah, kalo gue dapetin foto-fotonya, pasti gue bakal share deh di blog ini. Pokoknya, keep posting and ceumungudh eAah!!!!







2 comments:

  1. Sama banget tuh experiencenya., tapi hadiahnya bukan uang, malah dapat salah satu daftar wish list! Keep Writting :)

    ReplyDelete