Kecewa :(

Sudah lama saya gak posting beginian. So, how's life? Toleran sama intoleran sepertinya beda tipis ya. Saya udah dapat sampel dari forum Kompasiana dan Kaskus, kedua forum yang baru saya ikuti beberapa bulan terakhir ini, dan saya langsung dapat kesimpulan singkat dari itu, 'lidah manusia dunia maya ternyata jauh lebih tajam daripada di dunia nyata'. Orang-orang bisa dengan mudahnya mencatut agama-agama tertentu dalam sebuah artikel yang isinya secara tidak langsung mendiskreditkan agama tersebut. Contohnya yang pernah saya baca, 'Partai Islam Membenci Ahok.' di Kompasiana. Lah, partai islam mana yang Anda maksudkan, koh? PKS, PPP, PBR? Itu mah hasil pikiran anda sendiri kali. Postingan goblok ini langsung saya komentari, tapi ternyata banyak juga yang berseberangan dengan saya :(




Lalu di Kaskus, postingan yang menyangkut tentang agama langsung dikomentari pedas oleh Kaskuser lainnya, 'Kalo soal agama jangan disini dong gan, gak toleran!' atau 'Agama itu urusan lo sama Tuhan lo, ga perlu orang lain tahu gan!'. Buset, ini yang ngga toleran siapa sih? Ngelarang orang posting tentang agama. Ckckck. Lagian, apakah mengajak pada kebenaran itu sesuatu yang intoleran?

Btw, nuduh orang lain intoleran kayaknya jadi gampang sejak adanya media televisi. TV dengan mudah mencatut sebuah ormas intoleran gara-gara sebuah razia tempat maksiat. Dan solusinya begitu simpel, klise, dan basi. "Bubarkan ***!" (anda pasti sudah tahu kan). Padahal, setelah saya perhatikan, ormas-ormas yang lebih buruk daripada *** ternyata ada juga. Dan, sudah diberitakan televisi pula. Sebagai contoh, Front pemuda pancasila yang saya perhatikan setiap kali beritanya adalah ngerusuh dengan ormas lain, ngerusak gedung-gedung, dan lain-lain. Tapi, as you know lah, berita tentang *** adalah berita yang sensitif, makanya selalu dibesar-besarkan layaknya sebuah organisasi kartel narkoba atau teroris.

Ah, sudahlah. Hidup jangan dibawa ribet buat mikirin yang begituan. Saya punya referensi baru untuk membuat saya tertawa dan menikmati hidup. Yap, skinnyindonesian24. Channel Youtube yang satu ini mungkin jadi lebih terkenal semenjak aktornya, Andovi da Lopez main bareng Raditya Dika dalam Malam Minggu Miko 2. Langsung aja cek videonya.

Youtubers vs Comedians #1 (featuring Ge Pamungkas & Kemal Palevi)

 







2 comments: